Site icon Rotary Inter-country Committees Asean – Website Resmi Tentang Pendidikan Terbaik

Begini Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN Dengan Gampang

Begini Cara Menghitung Passing Grade SNMPTN Dengan Gampang – Kemungkinan kamu ingin kuliah di perguruan tinggi negeri dambaan, dan ingin mengikuti Penyeleksian Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Saat meng ikuti penyeleksian, kamu wajib mendapat nilai “Passing Grade” sama sesuai ketentuan universitas pilihan. Dengan pelajari cara menghitung passing grade SNMPTN, karena itu segala hal menjadi lebih gampang.

Passing grade bukan hanya untuk SBMPTN, tetapi juga untuk SNMPTN. Pada tes masuk itu, ialah berdasarkan rapor . Maka, passing grade harus juga sama sesuai nilai rapor.

Passing grade sebagai persentase nilai, sebagai standard atau referensi luluskan orang supaya masuk jurusan pada kampus tertentu. Passing grade sebagai batasan nilai minimal yang wajib kamu penuhi saat ingin tentukan jurusan pada PTN tertentu.

Baca Juga : Inilah Metode Rekayasa Perangkat Lunak

Tiap kampus tentu selalu mengubah angka prosentase pada passing grade. Hingga, mustahil membuat perbedaan passing grade antar kampus. Peralihan itu mengiktui pecinta jurusan kuliah. Tidak seluruhnya kampus memperlihatkan nilai passing grade.

Hitung Passing Grade SBMPTN

Walaupun nilai passing grade pada setiap kampus selalu berlainan dan berbeda, kamu masih bisa lakukan cara menghitung passing grade SBMPTN seperti berikut:

Passing Grade = (Bx4-sx1)x100%:JSx4

B: Jumlah jawaban benar

S: Jumlah jawaban salah

JS: Jumlah masalah

Misalkan, ada 120 bulir masalah SBMPTN. Ada 25 masalah benar, tidak diisi 20 salah 15 masalah.

Pelajaran IPA, kamu bisa jawab 40 masalah, tidak diisi 10 dan salah 10.

Karena itu, nilai passing gradenya ialah:

B= 25+40=65, S=15+10=25

Tidak diisi = tidak ada nilai

(65×4-25×1)x100%:120×4

(260-25)x100%:480

23.500%:480

Karena itu, keseluruhan Passing Grade SBMPTN ialah 48.955%

Maknanya, bila kamu tentukan jurusan X di PTN A dengan passing grade kurang dari 48%, karena itu peluang bisa lulus SBMPTN tentu besar. Kebalikannya, bila jurusan Y di PTN dengan passing grade kurang dari 48.9%, karena itu peluang lulus SNMPTN menjadi lebih rendah.

Hitung Passing Grade SNMPTN

Dan menghitung passing grade SNMPTN akan lebih gampang. Kamu tinggal gunakan rapor, memperbandingkan berapakah nilai rapor kamu dan alumni yang telah lulus SNMPTN pada PTN yang serupa seperti mimpi kamu.

Misalnya kamu ingin turut SNMPTN jurusan Bahasa Inggris di UGM. Kamu bisa minta kontribusi guru BK atau wali kelas, cari informasi berapakah nilai alumni yang ambil jurusan itu di UGM. Lantas, bandingkan nilainya. Dari sanalah, kamu bisa tahu apa nilai kamu lebih rendah, atau semakin tinggi.

Akan tapi, ada banyak point utama yang wajib kamu lihat. Penyeleksian SNMPTN memerlukan proses lebih panjang, termasuk pembikinan account LTMPT, sampai proses finalisasi dan bikin kartu peserta.

Anda pun wajib menyaksikan seperti apakah panduan dan tingkatan pendaftaran SNMPTN, batasan akhir, dan janganlah sampai ada sesuatu hal yang terlewatkan. Kamu harus juga menyaksikan bagaimana persyaratan pada portofolio sama sesuai jurusan yang kamu tentukan.

Kecermatan dan ketelitian pelajari persyaratan, dan pelajari apa persyaratan atau sistem penilaian SNMPTN menolong anda tingkatkan peluang lulus SNMPTN.

Dengan ketahui seperti apakah cara menghitung passing grade SNMPTN, karena itu benar-benar menolong untuk daftar di PTN paling favorit. SNMPTN adalah tes masuk jalur undangan. Banyak siswa yang ingin kuliah di PTN favorit dan berlomba-lomba lulus SNMPTN. Dengan tahu passing grade, kamu bisa memprediksikan peluang.

Pakai penghitungan passing grade supaya bisa turut tes masuk PTN seperti keinginan kamu. Mencari mana PTN sama sesuai passing grade yang kamu harapkan, hingga tahu potensi lulus dan diterima.

Exit mobile version