Site icon Rotary Inter-country Committees Asean – Website Resmi Tentang Pendidikan Terbaik

Inilah 5 Contoh Ekonomi Kreatif

Inilah 5 Contoh Ekonomi Kreatif – Ekonomi kreatif sebagai ide ekonomi yang semakin lebih memprioritaskan hongkong live atau mengangkat gagasan, pengetahuan, dan kreasi manusia. Dalam revolusi industri 4.0, hal itu jadi sebuah pengembangan baru. Karena ekonomi ini bisa membuat penyempurnaan yang awalnya belum datang di tengah masyarakat. Hingga karakternya memang kreatif dan inovatif.

Di Indonesia, ekonomi ini sudah cukup hanya berkembang. Karena sudah banyak juga sektor-sektor ekonomi yang mengangkat ide kreatif. Karena sama seperti yang sudah disebut, ekonomi ini menjadi satu diantara pengembangan untuk revolusi industri. Hingga tidaklah aneh jika kehadiranya terus diperkembangkan dan dioptimalkan lumayan baik.

Contoh Ekonomi Kreatif

Ada banyak bidang atau contoh dari ekonomi ini. Sektor-sektor ini tentu saja memprioritaskan unsur kreatif. Tetapi, masih tetap memiliki kandungan unsur ekonomi. Namun lebih banyak terkandung kreasi manusia. Baca beberapa misalnya berikut ini!

1. Kuliner

Contoh pertama ialah di bidang kuliner. Sama seperti yang diketahui, kuliner merupakan bidang yang menyokong ekonomi. Sekarang ini, beberapa pemilik kuliner diwajibkan berpikiran kreatif juga.

Baca Juga : Inilah Contoh Kalimat Possibility Yang Harus Kalian Ketahui

Karena beberapa pemilik tempat kuliner akan membuat tempat makannya jadi instagramable dan view yang menarik. Hal itu ditujukan semakin banyak didatangi oleh pelanggan dan tempat makannya juga akan lebih ramai.

2. Kerajinan atau Craft

Selanjutnya ialah bidang kerajinan. Tidak bingung jika bidang ini mengangkat kreasi di keseluruhnya produksinya. Sekarang ini, bidang kerajinan rupanya jadi penunjang juga untuk ekonomi di Indonesia. Karena kerajinan ini umumnya dibikin oleh masyarakat lokal sebagai kenang-kenangan atau oleh-olehan.

3. Film dan Konten Kreator

Film telah datang semenjak slot bonanza jaman dulu. Tetapi, sekarang ini film bukan hanya berlomba pada kreasi saja. Tetapi pada unsur produksinya juga. Disamping itu, adapun konten kreator. Profesi konten kreator memang lumayan banyak disukai akhir-akhir ini. Karena ke-2 bidang itu akan berikan keberhasilan juga dalam bidang ekonomi.

4. Fashion

Selainnya kerajinan, bidang fashion juga sebagai bidang yang banyak mengangkat kreasi manusia. Beberapa pemilik butik atau perusahaan fashion umumnya akan selalu bereksperimen. Karena mode pakaian tentu saja tidak bisa memiliki sifat monoton. Tetapi harus memiliki penyempurnaan, supaya masih tetap trendi. Hingga tidaklah aneh jika beberapa fashion designer memang bereksperimen.

5. Iklan atau Advertisement

Bidang paling akhir ialah iklan. Sekarang ini, iklan bukan hanya tampilkan promo produk saja. Tetapi, akan ada ide yang menarik. Hal itu ditujukan supaya beberapa warganet tertarik menyaksikan iklan itu. Hingga promo pada produk juga akan jalan secara lancar dan mempunyai potensi mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Pada intinya, ada banyak bidang yang bergerak dalam ekonomi kreatif. Karena tidak bisa disangkal jika sekarang ini kreasi memang digotong oleh beberapa bidang. Beberapa customer atau pelanggan umumnya lebih menyenangi produk atau jasa yang memiliki kreasi didalamnya. Ditambah produk atau jasa yang unik dan tidak pernah diketemukan awalnya.

Exit mobile version