Site icon Rotary Inter-country Committees Asean – Website Resmi Tentang Pendidikan Terbaik

Inilah Cara Menghitung Skala Gambar Paling Gampang

Inilah Cara Menghitung Skala Gambar Paling Gampang – Cara menghitung skala gambar sebetulnya gampang dan sering dipakai untuk menghitung gambar bangunan, baik itu rumah, gedung, jalan, atau konstruksi yang lain . Maka untuk menggambar teknik itu membutuhkan ukurannya yang pas hingga bisa tergambar sesuai benda sebenarnya.

Untuk cari skala gambar sudah pasti harus ada deskripsi yang sama sesuai ya, berlainan dengan gambar seni yang ukuran bisa memakai sistem prediksi saja nih. Gambar karya seni memang bisa diubah sebegitu rupa hingga kelihatan indah, tapi berlainan kembali dengan proposional ukuran benda yang sebetulnya. Berlainan dengan benda di dalam ruang, jalan dan lain-lain.

Cara Menghitung Skala Gambar

Dalam menghitung skala gambar sebetulnya kamu harus ketahui dan membaca skala gambar bangunan lebih dulu. Bila kamu telah pahami hal itu, karena itu bisa meneruskan dengan menghitung Skala gambar memakai rumus yang tepat.

Cara Membaca Skala Gambar

Jadi untuk membaca skala gambar harus dimengerti lebih dulu saat sebelum kamu ketahui bagaimana cara menghitung Skala gambar . Maka ada dua skala, yakni skala pengecilan dan skala pembesaran. Untuk skala pengecilan misalnya 1:20, di mana 1 ialah jarak benda pada gambar atau Sd dan 20 ialah jarak benda sebenarnya atau Sb.

Baca Juga : Inilah Pertanyaan Wawancara OSIS yang Sering Dipertanyakan

Dan untuk skala pembesaran misalkan seperti 5:1 . Maka angka 5 mengisyaratkan jarak benda sebenarnya atau Sd dan 1 ialah jarak benda pada gambar atau Sb. Nah, bila kamu telah memahami cara membacanya, sekarang waktunya ketahui cara hitungnya.

Rumus Skala gambar Bangunan

Supaya bisa menghitung Skala gambar, kamu harus pahami lebih dulu yakni sebagai berikut ;

Skala = Jarak Pada Peta

Jarak Sebetulnya

Maka jarak benda pada gambar = (jarak benda sebenarnya x skala depan) / skala belakang atau Jbg = (Jbs x Sd) / Sb. Misalkan seperti berikut;

Contoh 1

Menggambar lebar dari sebuah jalan sama ukuran 1 m dengan skala 1:20

Skala 1:20 menjadi bisa disimpulkan jika tiap 1 cm pada gambar itu akan sebagai wakil ukuran 20 cm benda sebenarnya . Maka sebuah jalan dengan lebar 1 m = 100 cm, karena itu gambar dengan skala 1 : 20 jadi jarak gambar ialah (100 x 1)/20 = 5. Bermakna kamu bisa menggambar lebar jalan dalam jarak 5 cm.

Makna Skala pada Gambar Desain

Sudah tahu bagaimana cara menghitung skala pada gambar, seharusnya kamu ketahui bagaimana makna skala dalam gambar desain bangunan ya. Misalkan, skala 1:100, karena itu tiap 1 cm dari gambar itu akan sebagai wakil 100 cm pada ukuran bagunan ya. Misalkan, dalam gambar ruangan tuam, ada dinding helai 1 m, karena itu dalam gambar 1:100 ialah ukuran 1 cm karena 1 m = 100 cm.

Baca Juga : Inilah Contoh Cara Membuat Biografi Diri Sendiri

Disamping itu ada beragam jenis ukuran skala yang dipakai pada gambar bangunan dengan sesuaikan ukuran kertas dan besaran bangunan itu, seperti berikut;

Sebetulnya banyak ukuran skala, seperti 1:1, 1:2, 1:4, dan lain-lain. Nah, ukuran itu akan diperlukan untuk menggambar teknik bangunan dengan manual loh.

Cara menghitung skala gambar sebetulnya simpel, di mana kamu harus pahami lebih dulu bagaimana cara membaca skala gambar itu. Kemudian pakai rumus Jbg = (Jbs x Sd) / Sb supaya kamu lebih gampang hitungnya ya.

Exit mobile version