Site icon Rotary Inter-country Committees Asean – Website Resmi Tentang Pendidikan Terbaik

Inilah Pertanyaan Wawancara OSIS yang Sering Dipertanyakan

Inilah Pertanyaan Wawancara OSIS yang Sering Dipertanyakan – Berminat untuk jadi anggota OSIS? OSIS atau Organisasi Pelajar Intra Sekolah bisa jadi tempat untuk belajar tentang organisasi ketika di sekolah. Meng ikuti osis ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh. Apa lagi bila sukses jadi seorang ketua OSIS.

Kamu jadi ketua OSIS bukan suatu hal yang gampang. Ada beberapa tingkatan yang perlu kamu lakukan agar bisa jadi seorang ketua OSIS. Salah satunya hal yang perlu kamu lakukan ialah lakukan wawancara cara agar bisa tergabung dengan organisasi itu.

Contoh Pertanyaan Wawancara Osis

Bila kamu baru masuk SMP atau SMA selanjutnya ingin jadi pelajar yang aktif dalam organisasi atau kepanitiaan sekolah, coba tergabung dengan OSIS. Salah satunya cara yang tidak untuk tergabung dengan OSIS dengan lewat tingkatan penyeleksian wawancara.

Berikut ini contoh-contoh pertanyaan yang susah keluar saat ingin daftar di OSIS.

1. Apa Motivasi Daftar Osis?

Pertanyaan pertama kali yang sering dipakai untuk wawancara OSIS ialah motivasi kamu meng ikuti organisasi itu. Motivasi sebagai poin utama karena lewat motivasi bisa membuat kamu memiliki loyalitas kuat jadi anggota OSIS.

Baca Juga : Pertanyaan untuk Calon Ketua Organisasi Beserta Jawabnya

Umumnya pewawancara bisa menyaksikan Apa motivasi yang kamu punyai betul-betul Kuat atau mungkin tidak. Jika kamu memiliki motivasi kuat, team penguji memiliki penglihatan jika kamu sanggup dan dan bisa memiliki komitmen untuk jalankan semua pekerjaan sebagai OSIS.

Karenanya, saat sebelum lakukan tingkatan penyeleksian wawancara OSIS coba menyiapkan Jawaban dari pertanyaan itu. Sedang pikirkan kembali apakah sebagai motivasi kamu untuk jadi anggota OSIS.

Selainnya mempersiapkan motivasi untuk diri kita, kamu harus juga percaya pada motivasi itu. Hingga saat jawab pertanyaan dari penguji, kamu bisa menjawab dengan optimis.

2. Apa Posisi yang Diharapkan dalam Osis?

Pertanyaan setelah itu apa posisi yang kamu harapkan saat tergabung dengan OSIS? Ada beberapa posisi yang bisa kamu peroleh saat jadi seorang anggota OSIS. Dari posisi yang tertinggi, ada ketua OSIS dan pengurusan pokok. Selanjutnya ada peranan koordinator atau ketua sekretaris bidang. Atau kamu cuma berminat untuk jadi anggota sekretaris bidang?

Kamu harus ketahui kedudukan apa yang ada dan ketahui tiap pekerjaan dari kedudukan itu. Sekalinya cuma jadi anggota kamu memiliki peluang untuk memegang jadi seorang ketua OSIS, wakil OSIS, koordinator, dan lain-lain.

Sedang pikirkan secara baik tanggung-jawab apakah yang sesuai kamu. Sebetulnya pertanyaan ini cukup menjerat, karena apapun itu jawaban kamu umumnya selalu salah dimata penguji.

Misalkan, kamu berminat untuk jadi seorang ketua OSIS. Tetapi penguji malah menyaksikan kamu sebagai seseorang yang tinggi hati, hingga jawaban yang terbaik ialah mencari kedudukan yang sesuai dirimu sendiri dan beri keterangan itu ke si penguji.

3. Siapa Anutan Kamu?

Pertanyaan setelah itu siapa sosok sebagai anutan kamu? Memilih sosok anutan bisa menjadi satu diantara cara untuk penguji untuk ketahui bagaimana personalitas kamu nanti sesudah masuk jadi anggota OSIS. Kamu bisa pikirkan hal itu saat sebelum wawancara dilaksanakan.

Kemungkinan kamu belum memiliki sosok anutan, tetapi bisa cari tahu. Sosok sebagai anutan bukan poin utama tapi tidak memiliki sosok ialah hal yang jelek untuk pemula. Point terpenting ialah Apa alasan kamu kagum pada sosok itu. Dari sana mengetes bisa memandang personalitas.

4. Keunggulan dan Kekurangan kamu

Pertanyaan seterusnya tentu ditanyakan apa kekurangan dan kelebihan kamu. Berhati-hati dengan pertanyaan ini, karena beberapa belajar kesusahan untuk memberi jawaban yang tepat. Tiap orang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Agar bisa jawab pertanyaan itu kamu harus pahami potensi yang dipunyai sekarang ini. Tidak butuh mengarang terlampau tinggi, jawab saja secara jujur.

Baca Juga : Inilah 7 Daftar Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS

Bukan hanya potensi dalam diri kita, kamu harus kekurangan diri kamu . Maka triknya terangkan apa kekurangan kamu, selanjutnya beri keterangan bagaimana cara kamu untuk mengatasi kekurangan, hingga penguji tahu jika kamu ingin berusaha untuk mengatasi kekurangan itu.

5. Bila diterima di OSIS, apakah yang akan dilaksanakan?

Banyak duitnya kemungkinan sedikit menjerat dan membuat kamu merasakan di . Maka lewat pertanyaan itu kemungkinan saksikan apa kamu telah memiliki gagasan dan menyiapkan diri jadi anggota OSIS.

Tidak itu saja, Tapi kamu ingin menyaksikan tanggung-jawab kamu saat telah diterima. Apa kamu akan melepas hujan itu atau malah lakukan pekerjaannya . Maka sedang pikirkan secara baik jawaban yang pas agar bisa jawab pertanyaan itu Tetapi optimis beri pujian jika kamu sanggup jadi anggota OSIS yang bertanggungjawab.

Contoh pertanyaan wawancara OSIS bisa menolong kamu untuk menyiapkan diri baik tingkatan penyeleksian dilaksanakan. Tidak bisa menjawab semua pertanyaan sepanjang wawancara, kamu memiliki peluang menjadi seorang anggota OSIS dengan tanggung-jawab yang sesuai personalitas kamu.

Exit mobile version